1.
Alasan
Manajemen Pemasaran Sering Disebut Sebagai Manajemen Permintaan
Manajemen pemasaran
adalah suatu analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan
pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan
organisasi. Manajemen pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang
direncanakan dengan baik, diorganisasikan, dikoordinasikan serta diawasi akan
membuahkan hasil yang memuaskan oleh karena itu manajemen pemasaran sering
disebut juga sebagai manajemen permintaan.
2.
Perbedaan
antara Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan adalah
salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam
aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha.Pada
dasarnya,manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu,yaitu memenuhi
kebutuhan.Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari.Selama hidup
manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan.Seperti:Makanan,Pakaian,Perumahan,
Pendidikan,dan Kesehatan.Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan,
waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin
tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan adalah
sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan,
sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia
akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa
kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi
tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.
Keinginan adalah
segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang, dan apabila tidak terpenuhi
tidak mempengaruhi kehidupan orang tersebut.keinginan adalah sesuatu tambahan
atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa
lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya
kesejahteraannya tidak berkurang.
3.
Perbedaan
Pasar dan Pemasaran
·
Pasar : konsumen pribadi atau
organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud
sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
·
Pemasaran : merupakan kegiatan
pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi
kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
4. Penjelasan singkat yang dimaksud
dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran
Pemasaran (Marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat
dikendalikan produk, harga, tempat dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan
untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk mencapai target market.
Terdiri dari 4P:
Terdiri dari 4P:
·
Products
segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan.
segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan.
·
Place
merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah took dan sasaran pelanggan.
merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah took dan sasaran pelanggan.
·
Promotion
merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
·
Price
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing”.
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing”.
Referensi :
http://bummiekimmie.blogspot.com/2010/11/pemasaran.html
https://agusnuramin.wordpress.com/2010/11/13/pengantar-bisnis-part-7-konsep-pemasaran/
http://ruangmarketing.blogspot.com/2012/12/pengertian-bauran-pemasaran-marketing.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar